Kelainan Pigmen Sebabkan Kulit Berubah Warna

Kelainan Pigmen Sebabkan Kulit Berubah Warna

Selamat datang di website OBAT HERBAL VITILIGO. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Kelainan Pigmen Sebabkan Kulit Berubah Warna. Salah satu dari jenis kelainan pigmen ini adalah vitiligo. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai jenis-jenis kelainan pigmen, simak pembahasannya berikut ini!

Kelainan Pigmen Sebabkan Kulit Berubah Warna

Perlu Anda ketahui, kulit tubuh kita yang umumnya memiliki warna kuning langsat, sawo matang atau coklat, hitam, dan putih bersih, semua itu dipengaruhi oleh salah satu zat dalam tubuh, dan zat tersebut dikenal dengan nama pigmen. Banyak atau sedikitnya pigmen memengaruhi warna kulit seseorang. Namun, ada kalanya warna kulit berubah karena penyakit kelainan pigmen.

Pigmen adalah zat warna tubuh pada manusia, binatang, dan juga tumbuh-tumbuhan. Macam-macam warna kulit manusia dipengaruhi oleh zat pigmen tubuh  yang disebut melanin. Jika melanin dalam tubuh terlalu banyak, maka warna tubuh akan semakin gelap. Dan ssebaliknya, jika melanin dalam tubuh terlalu sedikit, maka warna kulit akan lebih cerah.

Melanin sendiri dihasilkan oleh sel-sel yang disebut melanosit. Nah, saat melanosit rusak atau tidak sehat, produksi melanin bisa terganggu, dan akibatnya warna kulit juga ikut terpengaruh mengalami gangguan pigmentasi. Gangguan pigmentasi ini bisa mempengaruhi sebagian kecil area kulit, dan bisa juga menyerang seluruh tubuh. Jenis-jenis gangguan pigmentasi di antaranya adalah melasma, vitiligo dan albinisme atau lebih dikenal albino.

  • Melasma

Melasma adalah penyakit kelainan pada yang ditandai dengan timbulnya bercak-bercak hitam yang biasa muncuk di kulit pipi, leher, tangan, dagu, batang hidung, dan dahi. Selain itu, melasma juga bisa muncul di kulit area tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Meskipun penyakit melasma ini bisa dialami semua gender, baik pria maupun wanita, tapi wanita lebih sering terkena gangguan pigmen ini. Melasma juga bisa terjadi pada wanita hamil, yang disebut juga chloasma, yang dapat hilang dengan sendirinya setelah masa kehamilan selesai, atau bisa juga diobati dengan krim kulit.

Bagi penderita melasma, disarankan untuk tidak terlalu sering atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari pada kulit yang menderita melasma tersebut. Oleskan juga tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap saat untuk mengatasi paparan sinar matahari. Gunakan juga topi lebar, dan berobat ke dokter kulit.

  • Vitiligo

Vitiligo mungkin tidak banyak dikenal orang. Tapi penyakit yang satu ini sebenernya cukup banyak diderita, hanya saja mungkin tidak banyak yang menyadari dan mengetahuinya. Hal itu dikarenakan ketidaktahuan atau kurangnya informasi mengenai penyakit yang satu ini.

Namun perlu Anda ketahui, vitiligo menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai. Mungkin jika Anda mengenal vitiligo, maka Anda akan tau apa alasannya kenapa vitiligo patut diwaspadai. Meski bukan penyakit berbahaya ataupun mematikan, tapi vitiligo merupakan penyakit yang sangat serius. Vitiligo bisa membuat penderitanya kehilangan kepercayaan diri, bahkan sebagian penderitanya bisa sampai stres karena menderita vitiligo. Kenapa demikian?

Vitiligo adalah penyakit kelainan pigmen yang ditandai dengan timbulnya bercak-bercak putih di kulit, sehingga kulit belang putih. Vitiligo ini terjadi karena berkurangnya melanin secara lokal hanya di daerah kulit tertentu. Biasanya, perubahan warna muncul pertama kali pada daerah yang terpapar sinar matahari seperti tangan, lengan, kaki, wajah dan bibir. Munculnya bercak putih yang membuat warna kulit tidak merata itulah yang sering kali membuat setiap penderita vitiligo kehilangan rasa percaya diri. Dan stres pada penderita vitiligo terjadi karena vitiligo merupakan penyakit yang tidak mudah disembuhkan, sehingga bisa membuat penderita vitiligo stres karena penyakitnya yang tak kunjung sembuh.

Jadi, meskipun vitiligo ini bukan penyakit yang berbahaya ataupun mematikan, tapi dampak yang ditimbulkan yakni dampak psikologis dari penyakit vitiligo ini sangat serius, sehingga patutlah untuk mewaspadai penyakit kelainan pigmen yang satu ini.

Ciri-ciri dari penyakit vitiligo ini adalah munculnya uban pada rambut, bulu mata, alis, atau jenggot sebelum berusia 35 tahun, berubah atau hilangnya warna pada retina serta jaringan yang melapisi bagian dalam mulut dan hidung, dan timbulnya bercak putih di sekitar ketiak, pusar, alat kelamin, dubur, atau bagian tubuh lainnya.

  • Albinisme

Albinisme atau biasa disebut albino adalah kelainan genetik akibat mutasi gen yang menyebabkan tidak berfungsinya sel-sel yang memproduksi melanin dengan baik. Mutasi genetik ini membuat kulit, rambut, atau mata pada albinisme menjadi tidak berwarna serta menimbulkan masalah pada mata. Albinisme atau albino tidak bisa diobati. Karena itulah, penderita albino harus menggunakan tabir surya setiap saat untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Karena tanpa melanin, kulit penderita albino lebih berisiko rusak akibat sinar matahari atau bahkan terkena kanker kulit.

Itulah beberapa jenis Kelainan Pigmen Sebabkan Kulit Berubah Warna, dan vitiligo menjadi salah satu di antaranya. Untuk mengobati vitiligo, ada rekomendasi terbaik sebagai solusinya, yaitu Jelly Gamat Gold G alias GOLD-G Bio Sea Cucumber. Obat penghilang vitiligo yang sudah terbukti ampuh, sudah banyak testimoninya. Kualitas Jelly Gamat Gold G pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Jika anda ingin berkonsultasi dengan Kami silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT HERBAL VITILIGO

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Response

  1. May 31, 2018

    […] Kelainan Pigmen Sebabkan Kulit Berubah Warna […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *